Cari Blog Ini

Kamis, 27 Desember 2012

Uniknya Bambu Unik


Tribunnews.com - Kamis, 27 Desember 2012 12:38 WIB
Bambu Ketemu Garis Ruas (Foto & koleksi: Alex Palit
Uniknya bambu unik. Yang pasti secara fisik salah satu keunikan bambu unik ini tidak ada duanya, hanya satu, dan tidak bisa diduplikatkan. Tidak ada bambu unik yang namanya sejenis punya bentuk sama dan kembar serupa satu sama lain. Pasti bentuk, ukuran dan tekstur ruasnya beda satu satu lain. Dan bambu unik ini bikin alam, dan tidak bisa direkayasa oleh hasil kerajinan tangan manusia atau mesin secanggih apapun. Bambu unik ini tumbuh dan terbentuk secara alami, sesuai kehendak dan sebagai rahasia alam. 

Anda punya bambu cabang dua, tiga, empat atau lima, pasti bentuknya tidak ada akan sama serupa dengan bambu cabang dua, tida, empat atau lima milik saya, atau milik orang lain. Apapun bentuknya bambu unik ini eksklusif karena ada satu-satunya di dunia, tidak ada dua, tidak ada kembarnya sama serupa. Beda dengan benda koleksi lainnya bikinan kerajinan tangan manusia atau mesin, bisa diproduksi lebih satu atau secara massal. Tidak halnya dengan bambu unik adanya cuma satu. Itu uniknya bambu unik. 
 
Selain memiliki nilai artistik karena keunikan bentuknya sebagai benda koleksi, entah itu untuk asesoris pajangan ruangan, atau ‘benda simpanan’ yang diyakini banyak orang bahwa jenis bambu unik dengan spesifikasi bentuk tertentu ini mengandung energi kekuatan yang sudah melekat bawaan alam. Jenis bambu ini diyakini bertuah, misalnya untuk pagar goib tolak bala dari hal-hal yang bersifat kasat mata, seperti santet. Disamping dipakai untuk manfaat lainnya, seperti kelancaran usaha. Bahkan ada jenis bambu lubang tembus oleh kumbang dipakai buat main judi dadu. 
 
Disebut langka, karena untuk menemukan atau mendapatkan jenis unik memang tidak gampang. Karena belum tentu dari 1000 pohon yang kita temui ada jenis bambu terbilang unik ini. Kalau pas ketemu, itu namanya jodohnya. Karena mencari bambu ini juga jodoh-jodohan, kalah nggak jodoh nggak bakalan ketemu satupun. Jadi sulit-sulit gampang. Kalau pas jodoh, bambu tersebut tahu-tahu sudah nongol di depan mata. 
 
Uniknya lagi sebagian besar bambu koleksi saya dapatnya di area kuburan. Bahkan ada pula bambu yang saya ambil dari halaman makam Sunan Ampel – Surabaya. Selain keunikan lainnya yang serem juga, seperti, saya pernah diteriaki orang gara-gara mengambil bambu di area pekuburan yang katanya bambu tersebut sering terajdi tempat penampakan kuntilanak. Saya juga pernah ditanya orang waktu cari, “Pak, orang orangtua yang duduk di motor itu siapa, mau tadi tadi mengikuti terus,” katanya. Oh ya! Dan kejadian lainnya di luar logika. Believe or not! Untuk mencari bambu unik memang butuh ‘persiapan’ dan nyali, apalagi lokasinya di area kuburan, serem juga!
Saya sempat kaget ketika browsing di internet mendapati situs atau iklan jual bambu unik yang harganya sampai segitu. Akhirnya saya juga menyadari bahwa apapun namanya benda koleksi apalagi yang terbilang antik, unik, langkah, dan dianggap pula bertuah, harganya bisa tak terkira. Dan itu relatif. Bagian yang tidak tertarik dengan benda tersebut mungkin tidak ada nilainya, tapi buat orang berduit yang terobsesi untuk memiliki barang tersebut berapapun akan dibayar. Sebagaimana saya pernah membeli dua kaset bekas jadul God Bless dan Leo Kristi yang memang saya incar untuk melengkapi koleksi, satunya Rp.150 ribu. Itu uniknya berburu barang unik, langka, dan antik. 
 
Soal percaya atau tidak, yakin atau tidak, apakah semua ini cuma ngibul atau nyata, semua itu dikembalikan lagi kepada keyakinan masing-masing orang. Begitu pula soal apakah bambu unik dan langka ini bertuah atau memiliki kekuatan energi bawaan alami dari sononya, itu urusan lain lagi, tergantung keyakinan masing-masing orang, yang penting tidak mengarah ke musyrik. Tapi setidaknya dari setiap spesifikasi keunikan bambu unik dan langka ini terkandung nilai artistik yang mengundang decak kagum dan mendapati rasa takjub kita akan kebesaran alam, kebesaran Sanghyang Kalik, yang manusia tak mampu melakukan itu. 
 
Dan sekali lagi, mari kita maknai bambu-bambu unik dan langka ini tidak lebih sebagai tanda kebesaran alam dan bukti-bukti kebesaran Sang Maha Pencipta. Sehebat apapun manusia tidak akan mampu menjangkau membuka tabir misteri Dzat Allah, tetapi cukup bertafakur merenungkan akan kebesaran alam ciptaan-Nya. Lewat tanda-tanda kebesaran alam ini akan semakin menebalkan iman dan ketakjuban kita yang makin besar kepada Sanghyang Khaliq. Karena tak ada yang tak ada atas kehendak kuasaNya.

Alex Palit, penyuka bambu unik & langka (galeribambu-amanah.blogspot.com)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AdSense
Ads

Gallery III

Gallery III