Cari Blog Ini

Selasa, 31 Mei 2016

Aneka Bambu Unik

Aneka bambu unik (Foto & koleksi Alex Palit)
Banyak disebutkan bahwa bambu adalah pepohonan yang begitu banyak memberi manfaat dan kegunaan alias serba guna bagi kebutuhan kehidupan manusia. Bahkan di zaman modern dan serba canggih ini, bambu tetap banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dari yang paling sederhana sampai dirancang dalam berbagai modifikasi artistik. Dari sekecil tusuk gigi sampai segede bangunan rumah, terbuat dari bambu. Di sini menunjukkan kepada kita bahwa begitu banyaknya manfaat dan kegunaan bambu bagi kita dan kehidupan manusia.
Sebagai pohon dengan batang yang tumbuh tegak menjulang tinggi bisa mencapai ketinggian di atas 10 meter, ternyata ada bambu yang tumbuh batang atau cabang dari matanya dengan bentuk yang memiliki bentuk keunikan tersendiri. Untuk menemukan atau mendapatkan bentuk bambu yang unik memang tidak gampang, bisa gampang-gampang susah, alias langka. Karena belum tentu di antara 1000 batang bambu ditemukan ada diketemukan bambu berbentuk unik tersebut. Jangan heran bila jenis bambu unik keberadaannya cukup langka.
Lalu, selain menyimpan keunikan artistik, adakah spesifikasi manfaat dan kegunaan bambu-bambu unik, langkah dan alami bukan hasil rekayasa bikinan manusia ini?

Banyak orang menyakini bahwa bambu unik langka dengan bentuk spesifikasi tertentu ini punya daya energi kekuatan bawaan alam, atau energi alami. Tak heran bila kemudian ada orang yang menyebut bahwa jenis bambu bentuk unik dan langka ini diyakini ‘bertuah’. Sudah tentu semua itu dikembalikan lagi kepada keyakinan atau sugesti masing-masing orang yang mempercayai atau tidak. Tapi setidaknya semua itu atau keyakinan ini kita kembalikan kepada atas kebesaran Sang Pencipta.  
Katanya, jenis bambu sesuai spesifikasi keunikan artistik bentuknya diyakini punya kegunaan, manfaat atau khasiat tertentu pula. Misalnya untuk tolak energi negatif, seperti teluh, santet atau pagar goib. Dan ada pula yang diperuntukkan kelancaran usaha atau kewibawaan, dan lain sebagainya. Bahkan ada disebutkan sebagai media terapi pengobatan, dan lain sebagainya. Tak heran bila kita mendengar orang mencari jenis bambu tertentu untuk keperluan atas dasar keyakinannya.
Sekali lagi, semua itu kembali lagi kepada keyakinan masing-masing personal individual dari orang yang meyakininya. Yang penting keyakinan itu tidak mengarah ke musyrik.
Tapi setidaknya di sini kita bisa membaca, mengagumi tanda-tanda kebesaran alam, sekaligus menjadi bukti atas kebesaran Sang Maha Pencipta, kendati lewat sepotong bambu.

Manusia tidak akan mampu menjangkau membuka tabir misteri Dzat Allah, tapi cukup dengan mentafakuri. Lewat tanda-tanda kebesaran alam walau hanya dari sepotong bambu ini akan semakin menebalkan iman dan ketakjuban kita akan kebesaran Tuhan Semesta Alam sebagai Sang Maha Pencipta...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AdSense
Ads

Gallery III

Gallery III